Suggestions Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Menjalani Puasa Di Masa Pandemi

Di tengah pandemi COVID-19, menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak sangat dianjurkan agar terhindar dari paparan virus Corona. Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan konsumsi suplemen, berolahraga, maupun memakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C. Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi makanan sehat seperti daging, ikan, buah, dan sayur-sayuran akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak lupa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin. Ada beberapa cara serta ideas yang dapat dilakukan masyarakat untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar tetap sehat selama musim hujan.

Tidak hanya itu, vitamin E juga mampu menangkal radikal bebas yang berpengaruh terhadap kekebalan tubuh. Meningkatnya hormon stres ini dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Dengan menjaga imun tubuh saat berpuasa, dapat membuat kita tetap semangat beraktivitas sehari-hari. Meskipun saat ini kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan mencukupi asupan gizi dan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Jangan menjadikan puasa kita ini sebagai alasan untuk mager dan bermalas-malasan di rumah. Makanan yang juga baik dikonsumsi ketika bulan Ramadan yaitu, dengan minum susu baik ketika sahur maupun buka puasa.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Lakukan beberapa cara berikut agar daya tahan tubuh kamu semakin kuat menahan paparan virus corona. Namun virus corona juga seperti virus pada umumnya yang hanya menyerang jika iunitas tubuh lemah. Karena, dengan sistem imun yang kuat, maka penyakit akan susah untuk masuk ke tubuh kita. Konsumsi multivitamin mungkin diperlukan jika Anda merasa tak sanggup mendapatkan nutrisi dari makanan sehat. Mengonsumsi multivitamin juga bisa dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda.

Di tambah ketika berpuasa, kandungan air dan zat besi di dalam tubuh akan berkurang. Kebutuhan nutrisi harian mungkin tidak terpenuhi semuanya jika kamu tidak cermat dalam menjaga kesehatan. Olah raga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Olahragapun bisa dilakukan tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah. Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit termasuk Covid-19. Selain itu, tetap untuk menjaga asupan makanan dan minuman yang berkualitas, hindari makanan tinggi lemak saat berbuka puasa dan kurangi konsumsi gula.

Anda juga tak perlu khawatir, karena minum suplemen sari pati ayam terbukti sehat dan aman bagi semua orang termasuk ibu hamil dan anak-anak di atas usia 6 bulan. lebih sehat karena sari pati ayam mengandung lebih tinggi konsentrasi protein bio amino peptidanya, namun bebas lemak dan bebas kolesterol sehingga tidak memiliki efek samping. “Saya memberikan buah tangan dengan kemasan “I love You” masker yang semua berwarna merah putih dengan pesan “Untuk tetap menjaga Prokes” sekalipun sudah di vaksin,” tandas Irma.

Tidak perlu mencoba olahraga yang terlalu berat, asalkan badan tetap berkeringat dan bergerak. Misal, dengan melakukan bodyweight training yang ringan ataupun yoga. Bila takut membebani tubuh, kita bisa memilih untuk berolahraga beberapa jam sebelum berbuka. Selain itu, Anda yang memiliki kondisi kesehatan khusus lainnya bisa juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani puasa.

Apabila kamu sering melakukan kegiatan di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan juga membawa hand sanitizer. Cara-cara kecil tersebut tentu saja dapat membuatmu terhindar dari virus satu ini. Selanjutnya, cara menjaga imun tubuh tetap stabil adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal tersebut dikarenakan dengan mengurangi rokok, akan membantu untuk mengurangi potensi terjangkitnya virus corona. Sebab, ketika kamu merokok, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan paru paru. Salah satu peran tidur adalahmemberikan waktu pada tubuh untuk mengembalikan staminanya setelah seharianberakifitas, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap aktif.

Ada satu hal lain yang kini menjadi lebih penting dari sebelumnya, dan seharusnya menjadi sama pentingnya dengan kebersihan tangan. Sesuatu yang jarang dikemukakan dalam debat publik atau dalam katalog rekomendasi pemerintah, yaitu sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik. Nah, mudah-mudahan dengan menerapkan beberapa ideas di atas, kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi virus Corona. Melansir laman resmi FAO, nutrisi dari asupan yang dikonsumsi sangat penting untuk membantu tubuh mengatasi infeksi, termasuk virus Corona (Covid-19). Saat terjadi infeksi, tubuh penderita akan mengalami demam sehingga membutuhkan energi dari nutrisi asupan yang dikonsumsi dari makanan. Alumnus Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta ini mengungkapkan, pilihan lainnya untuk mendapatkan asupan Vitamin C dengan melakukan inject Vitamin C dengan kandung 1.000 mg.