Begini 5 Cara Mencegah Efektif Covid

Sikap yang ditunjukkan perusahaan-perusahaan jelas tidak mendukung kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Yaya. Pendataan dan pemeriksaan warga yang baru kembali dari perantauan, khusus wilayah yang terdampak COvid-19, juga tugas relawan. Perlu purus rantai agar virus yang kali pertama muncul di Wuhan, Tiongkok, ini tak meluluh lantakkan kearifan lokal warga di pedesaan. Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengannovelcoronavirus2019(2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebabsevere acute respiratory syndrome danMiddle-East respiratory syndrome. Selain itu, biasakan diri kamu untuk makan daging atau ikan yang sudah benar-benar matang, ya.

Selain berguna untuk membersihkan kuman dan bakteri, tisu disinfektan juga bisa dipakai sebagai penghalang antara ponsel dan permukaan di ruang publik. Adapun faktor utama penularan Covid-19 adalah droplet atau percikan liur. Itulah sebabnya dalam buku panduan perubahan perilaku sangat ditekankan untuk menjaga jarak dan memakai masker.

Bagaimana cara agar tidak tertular covid

Tapi jika kamu dalam kondisi kesehatan yang kurang baik, maka upayakan untuk menggunakan masker medis yang memiliki ketebalan 3 lapis, alias 3 ply. Setelah melepas masker, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel. Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

Pemakaian masker rangkap ini sangat disarankan teruma jika berada di tempat dengan penularan berisiko tinggi. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut dari berbagai jenis masker, masker kain adalah jenis yag dianjurkan agar masyarakat bisa menghindari COVID-19 saat berada di tempat umum. Melakukan update informasi terbaru mengenai Covid-19 perlu Anda lakukan untuk mengetahui apa perkembangan, dan bagaimana risiko penularan Covid-19 ini. Bisa jadi dari orang lain yang positif tanpa gejala ke Anda ataupun Anda menularkan ke orang lain, bila memang keluhan Anda dikarenakan infeksi Covid-19.

Pemerintah menganjurkan agar pasien terinfeksi, baik ringan maupun berat, untuk tak melakukan isolasi di rumah. Laman CNet tidak menyarankan kita untuk menyentuh benda dengan tangan kosong. Mungkin, akan terasa ketat dan tak nyaman, tapi ini bisa melindungimu. Akan lebih baik jika kamu menggunakan benda, seperti pulpen atau kunci untuk memencet tombol raise atau menekan tombol ATM. Apabila kamu terpaksa harus menggunakan jari, lapisi jari dengan tisu lalu bersihkan tangan dengan tisu basah atau hand sanitizer.

Tetapi, jika setelah itu Anda menyentuh mulut, mata, atau hidung Anda, kemungkinan virus itu bisa masuk ke dalam tubuh. Organisasi Kesehatan Dunia mengimbau agar masyarakat tidak memandang remeh penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan. Cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona bisa dapat kamu lakukan dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter. Karena ini adalah jangkauan percikan air yang bisa menyebar dari mulut saat seseorang bicara. Amat disarankan untuk tidak pergi ke luar rumah apabila kamu sedang merasa sakit atau kurang sehat. Ini bisa membahayakan karena bisa jadi kamu menularkan penyakit pada orang lain.

Mereka yang dinyatakan sembuh dari virus corona karena memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang kuat. Oleh karena itu, satu-satunya kunci untuk mengalahkan virus ini adalah imunitas tubuh. Konsumsi makanan bergizi, perbanyak makan buah dan sayur,boostervitamin jika dianggap perlu, dan waktu yang cukup untuk beristirahat. Selain menjaga kebersihan tubuh, Anda juga harus menjaga kebersihan rumah.

Atas dasar itulah, jaga jarak dibutuhkan agar percikan droplet dapat dihindari. Dengan memakai masker, Anda melindungi diri sendiri, kerabat, dan orang-orang lainnya. Durasi yang best untuk mencuci tangan adalah detik supaya bakteri dan virus mati.