Tujuh Tanda Gaslighting Dalam Hubungan

Kata ini dikenal dalam istilah psikologi yaitu memanipulasi seseorang agar orang tersebut menjadi tidak berkuasa dengan penekanan akan diri sendiri. Karena ia tidak ragu untuk berbohong maka semua tindakan yang ia lakukan tidak pernah sesuai dengan ucapannya. Jadi, ketika kamu berurusan dengan seorang gaslighter, lihat saja bagaimana perilakunya, karena semua ucapannya itu tidak pernah ada artinya. Tapi, pelaku gaslighting tidak perlu bertindak dengan niat jahat, juga tidak perlu menyadari bahwa dia merupakan pelaku gaslighting bagi orang lain agar hal itu terjadi, kata Stern.

“Mereka berusaha mengendalikan orang lain untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka sendiri dengan cara manipulatif atau tidak jujur,” ujar McNulty. Mereka yang bermental stabil biasanya melakukan gaslighting untuk menutupi situasi tertentu, seperti selingkuh. Namun, rata-rata hal ini ditemui pada orang yang punya kepribadian sosiopat. Saat korbannya bereaksi berlebihan, pelaku akan cenderung pura-pura tidak paham dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Mulai dari hal remeh sampai hal besar, pelakunya akan cenderung gampang berbohong dan terus menerus menanamkan keraguan pada orang lain yang menjadi korban. Karena berbahaya bagi mental seseorang, korbannya bisa mengalami kecemasan, rasa tidak tidak aman , bahkan sampai depresi.

Jangan merasa bahwa kamu pantas untuk mengalami pelecehan emosional karena hal ini merupakan salah satu bentuk kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia. Di dalam movie tersebut, seorang suami manipulatif mencoba untuk mebuat istrinya berpikir bahwa dia mulai gila dengan sedikit-sedikit mengubah lingkungan istrinya tersebut, salah satunya dengan meredupkan api pada lampu gas. Selain mengacaukan lingkungan dan membuat istrinya percaya dia gila, sang suami juga menyiksa serta mengontrol istrinya tersebut hingga memisahkannya dari keluarga dan teman-temannya.

Apa itu gashlighthing

Namun, pasangan yang melakukan gaslighting biasanya berlindung di balik kalimat “Ah, kamu terlalu sensitif” atau bahkan “Kamu ngga berhak merasa begitu”. Jika sudah kewalahan, mintalah bantuan dengan teman atau keluarga dalam menghadapinya. Baik disengaja ataupun tidak, gaslighting merupakan manipulasi yang harus dihentikan dan dihindari. Bahkan ketika orang lain sadar mereka telah berbohong, pelaku akan tetap berusaha bertindak sangat meyakinkan.

Pelaku biasanya menggunakan taktik ini saat korban mendiskusikan sesuatu yang terjadi di masa lalu. Mereka dapat mengetahui dan mengatakan hal-hal yang ingin korban dengar, tetapi tidak diucapkan dengan tulus, terutama jika perilaku yang sama terus diulangi. Si pelaku juga mungkin mengklaim bahwa jika korban berperilaku berbeda, mereka tidak Togel Hari ini akan memperlakukannya seperti itu. Mereka dapat berpura-pura mengkhawatirkan seseorang atau mengarang cerita sambil secara halus memberi tahu orang lain bahwa orang yang sedang dibicarakan tersebut secara emosional tidak stabil. Ciri-ciri gaslighting yang cukup umum adalah menganggap kebohongan adalah hal biasa dan sering melakukannya.