Tokopedia Gandeng Bts Jadi Model Ambassador Untuk Kampanye Terbaru

Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Proportional Stratified Random Sampling, Purposive Sampling dan Accidental Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji hipotesis dengan rumus analisis information Spearman menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia Terhadap Citra Merek Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Tokopedia berharap kolaborasi denngan BTS dan Blackpink ini dapat menddorong masyarakat Indonesia untuk terus berjuang mewujudkan mimpi tidak terkecuali di tengah pandemi.

Netmarble Corp sendiri disebut-sebut sebagai salah satu brand yang jadikan BTS sebagai ambassador mereka, dan sukses meraih minat para fans untuk mencobanya. Merk perawatan kulit yang terkenal akan produk sheet masks nya ini, sempat mengeluarkan koleksi kolaborasi bersama BTS, dengan meluncurkan satu set field berisi sepuluh sheet mask dan 14 photocard eksklusif dari boygroup tersebut lho. Untuk seri tersebut, di beberapa toko online Bola Online di Indonesia mematok harga jualnya sekitar Rp16 juta ke atas. Bukan hanya menjadi ikon utama saja, bahkan LG juga mengeluarkan beberapa seri khusus untuk penggemar BTS yang dijuluki dengan sebutan ARMY, di seluruh dunia. Selang beberapa tahun dari debutnya, boygroup yang terdiri dari RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook ini, mulai dilirik oleh beberapa perusahaan untuk menjadi ikon atau ‘wajah utama’ dari brand mereka.

Pesona seorang idola yang memiliki jutaan foundation penggemar memang tidak bisa ditolak. Ada beberapa brand yang bahkan diuntungkan karena para idola ini menggunakan brand-nya dalam kesehariannya. Meski tidak pernah menyebutkan Vans sebagai merek idolanya, namun G-Dragon yang hobi memakai sepatu Vans Oldskool dengan melipat bagian tumitnya, langsung menjadi perbincangan publik. Dalam waktu sekejap, Vans mesti kelimpungan menangani permintaan yang begitu besar dari penggemar dan publik Korea Selatan.

Hari ini pihak Tokopedia akhirnya mengonfirmasi BTS sebagai brand ambasador dari toko belanja online yang lekat dengan warna hijau tersebut. BTSbakal ikut hadir di acara bertajuk Waktu Indonesia Belanja pada hari ini, Rabu (29/7). “Antusiasmenya sangat tinggi. Kami tahu masyarakat Indonesia senang banget sama Kpop culture yang belakangan mulai hype lagi. Jadi, kami cuma ingin kasih yang terbaik buat masyarakat,” kata Jessica. Maka, bisa jadi BTS masuk dalam kelas tersebut bahkan jauh diatasnya mencapai four kali lipat.

BTS menjadi brand ambasador Tokopedia

Postingan mengenai BTS di akun Instagram Tokopedia dibanjiri ratusan ribu like juga ribuan komentar—woh, the facility of Army. Para Army juga dengan sukarela ikut dalam kuis tebak-tebakan orang—eh, personil—BTS yang digalakkan oleh Tokopedia. Jungkook member termuda BTS, mengenakan overshirt dengan detail patch bermotif kotak-kotak dari Gucci seharga Rp31 juta.

Dalam kesempatan yang sama, terpilihnya BLACKPINK sebagai model ambassador Tokopedia tidak terlepas dari pengaruh kuat para anggotanya, yaitu Jisoo, Jennie, Rosè dan Lisa, di industri musik. BTS merupakan grup yang mampu mengubah industri musik, walaupun telah menghadapi berbagai keterbatasan dan tantangan selama perjalanan mereka. Pertumbuhan populasi penggemar serta pencapaian BTS diindustri musik menarik minat sejumlah perusahaan untuk menjadikan mereka duta atau model ambassador. Boygroup asal Korea Selatan, BTS belum lama ini dinobatkan sebagai brand ambbasador oleh e-commerce unicorn asal Indonesia, Tokopedia. Dikutip dari media Korea Selatan, Naver, jika ingin kontrak BTS selama 1 tahun sebagai mannequin sebuah produk, perusahaan harus merogoh kocek hingga Rp10 miliar. Merekrut model ambassador tidak serta merta memberikan dampak positif bagi perusahaan, mereka juga harus melengkapinya dengan strategi pemasaran dan komunikasi yang sesuai, sehingga hasil yang diharapkan bisa tercapai.

, tarif untuk menjadikan BTS sebagai bintang iklan saja harus dibayar three miliar gained (Rp. 36,8 miliar). Angka tersebut sangat besar untuk bayaran sebuah group musik, terutama di Korea Selatan sendiri. BLACKPINK yang dibentuk oleh YG Entertainment telah memenangkan hati para penggemar sejak merilis debut single mereka pada Agustus 2016. Namun, karena produk yang diluncurkan adalah hasil kolaborasi, biasanya akan dijual dengan harga yang cukup mahal.