Konsumsi Obat Natural Ntt, Sejumlah Anggota Tni Sembuh Dari Covid

Menurut sejumlah jurnal, tanaman ini berasal dari Amerika dan banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Ketepeng tumbuh sebagai tanaman liar atau biasanya sengaja ditanam di pinggir kali atau sawah serta sering digunakan untuk tanaman hias pekarangan. Saat ini langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada pasien Covid-19, kata Marissa, masih terbatas pada tindakan preventif dan suportif yang dirancang untuk mencegah komplikasi dan kerusakan organ lebih lanjut. Tim yang terdiri dari Surya Atmaja, Hadi Pranoto, dan Mukhlis Ramlan ini melakukan riset mencari obat corona. Senyawa ini diduga bisa menghambat aktivitas Mpro, yakni enzim di dalam virus Corona yang berperan dalam proses perkembangbiakannya.

Obat covid herbal

“Manfaat kurkumin terhadap penyembuhan COVID-19 tentu masih memerlukan pembuktian melalui penelitian lanjutan. Diperlukan kerja keras dari berbagai pihak seperti peneliti, industri farmasi, dan pemerintah Indonesia dalam pengembangan tanaman – tanaman tersebut hingga menjadi obat fitofarmaka sebagai antivirus terhadap COVID-19,” jelas Prof. Daryono. Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Rabu (5/8) menyelenggarakan dialog mengenai obat tradisional untuk infeksi virus corona ini. Dialog ini diselenggarakan antara lain untuk meluruskan pemahaman masyarakat, terkait klaim penemuan produk natural antibodi Covid-19. Klaim ini disampaikan seseorang bernama Hadi Pranoto, dalam wawancara di kanal YouTube milik penyanyi Anji.

Sejak ribuan tahun lalu, kayu manis sudah dipakai sebagai obat herbal untuk menjaga sistem imun. Saat pandemi corona, Anda bisa mengonsumsi jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sama seperti bawang putih, jahe juga memiliki kandungan antimikrobakteri, antiinflamasi, dan antibiotik. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ALODOKTER untuk chat langsung dengan dokter atau membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit. Meski demikian, jika ada anak bangsa yang menemukan obat herbal untuk pengobatan maka secara garis besar BPOM tetap mendukung karena bahan-bahannya tidak tergantung atau diimpor. Bahkan, jika ada peneliti atau produsen yang melakukan riset-riset baru terkait obat natural, maka BPOM akan mendukung penuh. Direktur Standardisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekusor dan Zat Adiktif Badan POM, Togi Junice Hutadjulu juga menegaskan, sampai saat ini pengembangan obat belum ada yang bisa diklaim atau diindikasikan untuk pengobatan Covid-19.

Tanaman natural yang umum dikonsumsi oleh masyarakat adalah tanaman empon empon seperti kunyit, jahe dan temulawak. Akhmad mengatakan, sebuah obat termasuk untuk Covid-19 harus melalui uji klinis dan izin edar dari Badan POM yang membuktikan bahwa produk tersebut aman, berkualitas, dan ada manfaat. Manfaat itu misalnya apakah bisa menurunkan gejala klinis, dan parameter pra klinisnya menjadi lebih baik dengan obat yang diujicobakan tersebut. Kemudian untuk keamanannya, tidak ada efek samping, seperti mengganggu fungsi hati dan ginjal. Dia harus diposisikan sesuai dengan perannya masing-masing yang telah dikenal masyarakat.