Four Cara Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama New Normal

Berikut kami ulas 13 makanan penuh gizi dan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia dikutip Pikiran-Rakyat.com dari berbagai sumber. Pada tanggal 2 Maret 2020, Indonesia pertama kali melaporkan kasus konfirmasi sebanyak 2 kasus dan semakin hari kasus semakin meningkat dan sudah menyebar hampir ke 34 provinsi di Indonesia. Berdasarkan bukti ilmiah, COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk/bersin , tidak melalui udara. Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 termasuk yang merawat pasien COVID-19. Selain merusak paru-paru, merokok juga mengacaukan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih rentan terserang flu dan infeksi virus lainnya. Tanaman rempah berwarna kuning ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Vitamin A juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas bisa didapatkan dari wortel, labu kuning, dan ubi. Konsumsi vitamin dan suplemen bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Namun kamu lebih baik mendapatkan vitamin dari sumbernya langsung daripada konsumsi vitamin olahan berbentuk pill, pil atau minuman. Oleh karena itu, menerapkan life-style pola hidup sehat harus mulai diterapkan, dengan berolahraga dan minum vitamin. Salah satu cara untuk mendapat nutrisi yang seimbang adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Nutrisi itu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pencernaan.

Namun, Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, atau penyakit liver, disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen yang mengandung mengkudu. JAKARTA, iNews.id – Memilih makanan sehat agar kekebalan tubuh terjaga menjadi hal penting di masa pandemi Covid-19. Jika disepelekan, stres yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan penurunan fungsi imun tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stres Anda dengan rutin berolahraga. Untuk tujuan meningkatkan kekebalan tubuh, Anda diharuskan berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Ketiga vitamin ini memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimum.

Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama untuk sistem kekebalan yang lebih baik. Intensitas waktu yang diperlukan untuk berjemur juga tidak perlu lama-lama. Akan tetapi harus dilakukan rutin kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu. Menjawab tantangan kebutuhan kesehatan di Indonesia dengan memberikan layanan yang terbaik di kelasnya. Sampai setelah di vaksin, peserta diminta menunggu reaksi selama 30 menit dan dapat langsung menerima sertifikat vaksin dengan tanggal penetapan kembali untuk vaksin yang ke 2 . Danramil 04 Pulo Gadung Inf Irwan Iryanto mengatakan, pemberian vaksin Covid -19 tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat.

Karena, jika tidak maka dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar. Dengan berolahraga seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini menjadikannya dapat mengurangi resiko terjangkit berbagai penyakit. Intensitas waktu untuk melakukan kegiatan ini kurang lebih sekitar 75 menit aktivitas fisik aerobik dalam satu minggu. Namun virus corona juga seperti virus pada umumnya yang hanya menyerang jika imunitas tubuhmu lemah.

Untuk itu, selama proses meningkatkan imun tubuh, setidaknya seseorang harus mampu berusaha membatasi asupan gula yang masuk hingga kurang dari 5% dari jumlah kalori harian. Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

Sedangkan vitamin E merupakan antioksidan yang berperan menjaga kekebalan tubuh anak. Makanan yang kaya akan omega-3 dan vitamin E adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus dan penyakit termasuk COVID-19. Menurut dr. Sentot Handoko, Sp.GK, dari Rumah Sakit EMC, untuk menjaga imunitas tubuh, kita perlu memenuhi nutrisi harian kita. Karena, jika nutrisi dalam tubuh menurun, antibodi juga otomatis akan menurun. Tubuh membutuhkan makronutrien dan mikronutrien untuk menciptakan antibodi yang cukup agar bisa melawan bakteri, virus, dan antigen lainnya.

KOMPAS.TV – Menjaga daya tahan tubuh penting dilakukan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Ditambah lagi, buah-buahan tersebut sangat mudah untuk ditemukan di pasar maupun grocery store. Selain diperoleh dari buah buahan, vitamin C juga bisa untuk kamu dapatkan di dalam sayur-sayuran. Kalau terus-terusan diforsir, tubuh jadi lelah dan rentan terkena penyakit. Mari kita bersama memutus rantai penularan dari virus Corona yang sedang menjadi pandemi di Indonesia. Tetap jaga kesehatan dan patuhi serta jalankan protokol kesehatan dari pemerintah.